Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Cepat Rusak





Cara merawat laptop tidak begitu sulit sebenarnya karena laptop itu bukan komputer desktop. Laptop sangat butuh perhatian/perawatan juga agar awet layaknya kekasih kita, supaya bisa dipakai sampai tua dan body-nya tetap bagus dan sexy.

Laptop itu barang elektronik yang sangat sensitif seperti halnya kekasih perempuan kita, bila tidak dirawat dengan baik maka akan seringlah si laptop tersebut berpaling ke tukang service laptop. Perlu diketahui juga, komponen laptop itu lebih mahal dibandingkan komponen komputer desktop atau PC. Nah, maka dari itu untuk menghindari kantong kita bolong, sebaiknya lakukan deh tips merawat laptop untuk Laptop Acer, DELL, Toshiba, HP, Asus, Axio, dll :

1. Jangan sembarangan mendownload software-software dari internet.
Biasanya nih, klo udah ada koneksi kenceng alias ngebut, pasti deh kerjaannya download. Usahakan jangan download software yang tidak jelas asal usul silsilah keluarganya,(software ada keturunannya men) karena bisa membahayakan diri kita. Pakelah software-software yang telah didapatkan dari paket laptopnya waktu pertama beli. Jika software hasil download sebaiknya scan dulu dengan antivirus paling top.

2. Jangan menginstall software yang sekiranya jarang dipakai dan tidak berguna.
Buat apa beli doang tapi gak dimakan. betul tidak? seperti halnya software yang sudah diinstall, jika tidak dipakai dan tidak berguna maka hanya akan menjadi sampah saja dan bisa bikin muntah.

3. Jangan meletakkan laptop diatas kasur atau tempat yang mudah berdebu saat sedang menyala.
Dampak yang ditimbulkan cukup besar, berdasarkan pengalaman teman saya. Setelah beberapa jam saja laptopnya ditaro diatas kasur, keesokan harinya adaptornya langsung rusak,bisa juga debu-debu yang diisinya menggangu sistem komputer.

4. Jaga kebersihan laptop kamu.
Usahakan laptop kamu tidak boleh ada debu sama sekali, selalu setiap habis dipakai lap dengan kain putih bersih agar bebas debu dan kuman penyakit. Pakai pelindung layar dan pelindung keypad juga kalau mampu beli.

5. Hindari getaran elektromagnetik.
Jauhkan laptop kamu dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya,perlu diketahui jika menggunakan HP usahakan menjauh dari laptop…medan magnet yang ada di HP berbahaya buat sound laptop yang mengakibatkan tidak berfungsi atau suaranya pecah-pecah.

6. Rapikan kabel-kabel yang terhubung.
Sebisa mungkin kabel-kabel ke laptop itu harus tertata rapi, jangan sampai membuat orang lain tersandung lalu jatuh dan terluka kemudian menyalahkan kamu. Bisa repot lagi urusannya.

7. Rawatlah baterai laptop secara teratur.
Hendaknya saat memakai laptop untuk waktu yang lama, baterai diisi penuh terlebih dahulu dengan catatan saat sedang diisi tidak dimainkan. Lalu jika sudah penuh cabut chargerannya lalu mainkan sampai baterai sisa sedikit lagi. Jaga sirkulasi udara juga, karena ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka dapat menyebabkan over-heating.

8. Jangan menaruh benda diatas laptop pada saat tertutup.
Apalagi benda yang berat, bisa-bisa laptop kamu langsung berpaling ke tukang service teknisi perbaikan laptop. Karena bisa merusak layar monitor.

9. Jangan sekali-kali untuk mencoba pindah-pindahkan laptop saat masih hidup. (karena dia bisa jalan sendiri)
Itu ada penjelasannya, begini ceritanya : Laptop yang masih hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal.

10. Jika laptop kamu bermasalah, jangan coba-coba untuk mencoba betulkan sendiri. Lebih baik diserahkan ke tukang service terdekat namun kalau kamu jago dalam IT yah terserah deh. Karena jika kamu membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin berat. Apalagi kalo masih garansi lalu kamu membongkar laptop sendiri dan merusak sticker garansi yang masih ada pada laptop. (gk komentar deh)

11.selalu Aktifkan Anti Virus.
untuk menjaga keamanan Laptop juga diperlukan Anti Virus terbaik,fungsinya untuk melindungi software-software dan mengetahui virus.

12.Jangan Boros Dalam menggunakan Software.
Perlu diketahui kebanyakan rata rata orang suka download yang bersize file besar,jika kapasitas disk sudah tidak muat akan menyakibatkan nge-BLANK sistem operasi dan patah-patah…jadi kalau menginstal software maupun download cukup seperlunya untuk kepentingan aja.

Oke, Sekian dari Tips Saya dalam Merawat Laptop agar tetap Awet dan Bagus

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Cepat Rusak ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 26 Juli 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Cepat Rusak
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda